澳门新莆京app9817(中国)最新版APP

学院简介印尼语版

时间:2022年06月08日 00:11      来源:      责任编辑:dny


Introduksi Fakultas Bahasa dan Budaya Asia Tenggara

Fakultas Bahasa dan Budaya Asia Tenggara adalah fakultas yang dipisahkan dari Fakultas Bahasa Asing Universitas Kebangsaan Guangxi pada November 2014. Beberapa prodi yang bernaung dibawah fakultas ini telah memiliki sejarah lebih dari 50 tahun. Pada tahun 2001, fakultas Bahasa dan Budaya Asia Tenggara dikukuhkan oleh Departemen Pendidikan sebagai basis pendidikan dan pelatihan kader sarjana bahasa asing non-universal gelombang pertama. Pada tahun 2006, telah disetujui oleh Komite Partai Daerah Otonomi Guangxi mengenai pembangunan wilayah kader eksklusif zona perdagangan bebas Tiongkok-ASEAN, yakni menjadikan fakultas sebagai basis pendidikan dan pelatihan kader penerjemah bahasa Asia Tenggara. Sejak berdirinya fakultas, segenap tenaga pengajar dan mahasiswa bersatu-padu untuk berinovasi dibawah arahan Komite Partai universitas, dan berbagai aspek akademis pun menunjukkan perkembangan yang pesat. Pada tahun 2021, fakultas Bahasa dan Budaya Asia Tenggara dinobatkan sebagai unit kolektif pelopor perancangan bahan ajar nasional oleh Departemen Pendidikan. Komite Partai Fakultas juga mendapatkan penghargaan dari panitia kerja bidang pendidikan Komite Partai Daerah Otonomi Guangxi sebagai “Organisasi Partai Tingkat Dasar Termaju”. Pada saat yang sama, fakultas ini juga ditetapkan sebagai unit teladan dalam pekerjaan pembangunan partai perguruan tinggi di Guangxi untuk era baru. Tahun 2022, fakultas mendapatkan predikat kebanggaan “Unit Kolektif Bendera Merah 8 Maret Guangxi” dari Federasi Wanita Daerah Otonomi Guangxi.

Orientasi pembinaan kader fakultas berbasis di Guangxi, memancar ke seluruh negeri, untuk menghadapi ASEAN. Tujuan pembinaan adalah untuk mencetak bakat-bakat bahasa asing yang inovatif dan dapat bersaing di kancah global, yang memiliki fondasi keilmuan bahasa dan budaya Asia Tenggara yang mantap, memiliki struktur pengetahuan yang ilmiah serta kualitas humanistis yang mendalam. Disamping itu juga melatih kemampuan belajar mandiri, kemampuan berpikir, daya inovasi dan kemahiran komunikasi lintas budaya yang baik.

Saat ini fakultas Bahasa dan Budaya Asia Tenggara memiliki 58 staf dan tenaga pengajar aktif, di antaranya terdapat 48 dosen tetap, dimana 12 dosen telah memiliki Jenjang Jabatan Akademis (JJA) tingkat tinggi, dan 24 dosen memiliki gelar doktor (termasuk kandidat doktor). Mahasiswa aktif jenjang sarjana sejumlah 853 orang, mahasiswa jenjang magister sebanyak 60 orang, mahasiswa doktoral dalam negeri 9 orang, dan mahasiswa doktoral asing 4 orang. Program studi jenjang sarjana menerapkan model kurikulum “2+0.5+1.5”, dimana mahasiswa tiap jurusan direncanakan untuk studi ke negara target bahasa pada semester kelima.

Fakultas Bahasa dan Budaya Asia Tenggara saat ini memayungi 7 program studi bahasa Asia Tenggara untuk jenjang sarjana, meliputi prodi Bahasa Vietnam, Bahasa Laos, Bahasa Thailand, Bahasa Kamboja, Bahasa Myanmar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Melayu (Malaysia). Selain itu, fakultas juga menaungi 5 program studi pascasarjana magister, yakni Bahasa dan Sastra Asia Afrika, Penerjemahan Tertulis Bahasa Thailand, Penerjemahan Lisan Bahasa Thailand, Penerjemahan Tertulis Bahasa Vietnam, Penerjemahan Lisan Bahasa Vietnam, serta memiliki program doktoral untuk disiplin ilmu Bahasa dan Sastra Asing. Di tahun 2005 dan 2006, prodi Bahasa Vietnam dan Bahasa Laos secara berurutan diakui sebagai program studi unggulan Guangxi. Di tahun 2007, rumpun ilmu Bahasa Asia Tenggara disetujui sebagai titik pembangunan program studi khas kategori kedua oleh Departemen Pendidikan. Pada tahun 2011, prodi Bahasa Vietnam meraih proyek perancangan kurikulum terintegrasi dan program studi khas perguruan tinggi Guangxi, serta pada tahun 2013 memperoleh otoritas “Proyek Pengajaran Program Sarjana” dari Departemen Pendidikan sebagai titik uji coba reformasi program studi sarjana terpadu pada perguruan tinggi daerah gelombang pertama. Tahun 2014, prodi Bahasa Vietnam, Bahasa Laos, Bahasa Myanmar, dan Bahasa Indonesia terpilih menjadi titik konstruksi program studi khas unggulan perguruan tinggi di Guangxi. Tahun 2019, prodi Bahasa Vietnam dan Bahasa Thailand terpilih menjadi titik konstruksi program studi sarjana unggulan tingkat nasional. Pada aspek konstruksi disiplin ilmu, di tahun 2003, disiplin ilmu Bahasa dan Sastra Asia Afrika ditetapkan sebagai disiplin ilmu inti tingkat provinsi. Selain itu, disiplin ilmu Bahasa dan Sastra Asing merupakan disiplin ilmu unggulan tingkat provinsi (Guangxi).

Seluruh dosen tetap fakultas memiliki pengalaman studi ke negara-negara Asia Tenggara, dan dosen-dosen aktif saat ini didominasi oleh kader muda. Tim dosen senantiasa berkomitmen untuk melakukan reformasi pengajaran dan telah memperlihatkan pencapaian yang luar biasa, antara lain: proyek reformasi pengajaran pendidikan tingkat tinggi abad baru; proyek yang didasarkan pada model kurikulum “3+1” bagi prodi bahasa asing non-universal “model pembinaan terbuka bagi kader sarjana program studi bahasa asing non-universal” memperoleh juara satu kategori prestasi pengajaran tingkat provinsi (Guangxi) dan juara dua kategori prestasi pengajaran tingkat nasional. Ini merupakan rekor perolehan prestasi pengajaran tingkat nasional bidang bahasa asing non-universal yang sebelumnya masih nihil. Prestasi lainnya antara lain: memperoleh lebih dari 10 proyek reformasi pengajaran program studi tingkat provinsi, meraih 2 juara 1 dan 1 juara 2 bidang pengajaran tingkat provinsi. Sejauh ini, tim dosen menggabungkan kebutuhan nyata pembinaan kader, memperkuat pengembangan bahan ajar profesional, menerbitkan puluhan bahan ajar profesional untuk bahasa asing non-universal yang ilmiah, sesuai kebutuhan zaman, mutakhir, dan berkualitas dengan mengedepankan keunggulan dan kekhasan disiplin ilmu Universitas Kebangsaan Guangxi. Bahan ajar yang diterbitkan ini memiliki keunggulan kualitas yang signifikan di antara bahan ajar lainnya di dalam negeri, serta berhasil meraih penghargaan prestasi luar biasa untuk bidang ilmu sosial tingkat provinsi (Guangxi), penghargaan prestasi riset luar biasa untuk bidang ilmu bahasa asing non-universal tingkat nasional, penghargaan prestasi pengajaran tingkat universitas dan sebagainya. Tahun 2010, tim pengajar prodi Bahasa Vietnam menerima penghargaan sebagai tim pengajar unggulan Daerah Otonomi Guangxi setingkat provinsi.

Tim dosen fakultas juga aktif berkiprah dalam penelitian berkenaan dengan bidang bahasa, sastra, budaya, kondisi nasional, dan aspek-aspek lain dari negara ASEAN. Secara kumulatif, fakultas telah berhasil mengantongi 9 proyek riset tingkat nasional, hampir 10 proyek tingkat provinsi, dan menerbitkan 10 judul lebih karya akademis. Bermodalkan keunggulan bahasa asing, tim dosen selalu antusias menjadi duta “budaya Tionghoa keluar negeri”, dengan sepenuh hati “bercerita tentang Tiongkok” di kancah internasional. Tak hanya itu, sumbangsih spesial juga diberikan melalui penerjemahan buku-buku promosi budaya Tiongkok agar budaya Tiongkok menuju kancah internasional, mempererat kerja sama dan komunikasi antara Tiongkok dan negara-negara di dunia, mendorong terjalinnya kesatuan hati antar sesama, dan melayani pembangunan rencana strategis One Belt One Road (OBOR). Beberapa karya terjemahan seperti “Kumpulan Buku Tiongkok Raya” yang termasuk dalam proyek OBOR, berpartisipasi dalam proyek penerjemahan “Seri Buku Kearifan Timur”, “Kata Kunci Tiongkok”, “Seri Terjemahan Kitab Klasik Suku Zhuang” dan lainnya telah menuai respon dan pengaruh yang cukup besar baik di dalam maupun luar negeri, serta mendapatkan pengakuan yang tinggi dari sejawat maupun pemerintah negara-negara ASEAN.

Fakultas Bahasa dan Budaya Asia Tenggara secara rutin ikut ambil bagian dalam berbagai kegiatan internasional seperti China-ASEAN Expo dengan mengirimkan tim sukarelawan dan menyediakan jasa layanan bahasa. Sejak tahun 2003, terhitung sebanyak 3000 lebih dosen dan mahasiswa fakultas yang dikirim sebagai penerjemah, juru kontak, sukarelawan di berbagai ajang pertukaran budaya internasional. Target layanan meliputi berbagai kegiatan China-ASEAN Expo, kelas pelatihan kader partai dan pejabat pemerintah tingkat tinggi Vietnam, Laos dan negara lainnya yang diselenggarakan oleh Sekolah Partai Komite Pusat Partai Komunis Tiongkok, Departemen Organisasi Komite Pusat Partai Komunis Tiongkok, Departemen Hubungan Internasional Komite Pusat Partai Komunis Tiongkok, Akademi Kepemimpinan Eksekutif Pudong Tiongkok, Akademi Kepemimpinan Eksekutif Yan’an Tiongkok, dan lainnya. Berbagai kegiatan pengabdian yang profesional dan variatif dari fakultas telah menuai reputasi yang baik di tengah masyarakat. Hal ini mengobarkan antusiasme dan motivasi segenap dosen dan mahasiswa untuk terus memberi dukungan intelektual bagi kerja sama Tiongkok-ASEAN dan bagi pembangunan kota Nanning sebagai kota metropolis regional untuk ASEAN. Saat ini Universitas Kebangsaan Guangxi telah menjadi lahan subur yang banyak menumbuhkembangkan duta pertukaran budaya antar rakyat Tiongkok dan negara-negara ASEAN.

Kini, fakultas telah mencetak dan mengusung lebih dari 3200 lulusan diploma, sarjana, maupun pascasarjana yang berkualitas tinggi ke dunia kerja. Mereka menyebar dan menekuni berbagai sektor pekerjaan seperti diplomat, militer, media, pendidikan, riset, finansial, ekonomi dan perdagangan, pariwisata dan lainnya. Tak sedikit alumni bahkan pernah menjadi penerjemah pimpinan negara dan pemerintah. Tak jarang pula di antara mereka yang menjadi tulang punggung di unit kerja bahkan menjadi tokoh andalan di bidang profesi terkait. Mereka terus berkiprah dan berkarya di bidang profesi masing-masing untuk bersumbangsih dalam pertukaran budaya Tiongkok dan dunia internasional, serta turut berperan aktif dalam pembangunan ekonomi daerah dan nasional.

Saat ini sangkakala telah dibunyikan, tanda RRT telah menapaki perjalanan baru untuk mengejawantahkan target perjuangan seratus tahun ke-2. Di bawah panduan pemikiran Xi Jinping tentang sosialisme dengan karakteristik Tiongkok untuk era baru, segenap dosen dan mahasiswa fakultas dari berbagai suku bangsa terus mengonsolidasikan kesadaran komunitas nasional, mengitari misi pokok tentang pendidikan kader dan penegakan teladan moral, melaksanakan keputusan komite partai pimpinan, bersatu teguh, berkembang dan berinovasi, dengan gigih membina kader pembangun dan penerus paham sosialisme, serta menoreh prestasi baru yang semakin gemilang di tengah-tengah realisasi karya akbar kebangkitan bangsa Tionghoa.

  • 广西民族大学东南亚语言文化学院 电话:0771-3262405
  • 学院地址:广西南宁市大学西路158号广西民族大学西校区东盟主楼 邮编:530007
  • 招生咨询电话:0771-3263247(本科生/研究生) 
网站技术支持:广西百译同盟科技有限公司